Generic selectors
Cari yang sama
Cari judul
Cari konten
Cari dalam artikel
Cari dalam halaman

Review Anime ‘Dareka no Manazashi’

Halloo Minna-san, kali ini Issekai akan mengulas mengenai Anime yang berjudul Dareka no Manazashi (Someone’s Gaze ) karya Makoto Shinkai.

Anime Dareka no Manazashi telah rilis di 10 Februari 2013 oleh Studiio CoMix Wave Films. Seperti biasa bagi yang tidak suka bocoran sebelum nonton bisa di pikirkan kembali. Spoiler Alert! loh ya, tapi kalau sudah nonton dan masih bingung- mungkin setelah baca kesimpulan dari ulasan ini akan jadi lebih paham. Oke Langsung saja.

is-Dareka_no_Manazashi_-_cover

Dareka no Manazashi

Anime Dareka no Manazashi merupakan animasi pendek berdurasi hanya 7 menit yang dapat membuat penonton yang memiliki hati nan lembut akan meneteskan air mata. Anime ini memiliki Pesan yang benar-benar menusuk dan membuat kita berfikir mengenai masa lalu. Mimin sih  dulu waktu lihat pertama kali bisa sampai menangis, tapi sekarang enggak juga kwkwkw.

is-dnm-ayaPembuka Cerita Dareka no Manazashi

Seorang Gadis bernama Aya, yang telah pulang dari kerja menggunakan kereta karena tempat bekerjanya jauh dari Tempat tinggalnya. Dia sedang memegang tali untuk membantu berdiri. Aya terlihat cuek dengan sekitarnya, dia memejamkan mata, bersikap tidak peduli dengan sekitarnya. Aya sangat gigih, bediri tenggap menggunakan tangannya. Mengganti tangan dari satu ke yang lainnya. Akhirnya pun dia memegang menggunakan kedua tangannya.

is-dareka-no-manazashi-2

Ayahnya menelpon, menanyakan bagaimana kabar Aya. Tetapi Aya berbohong dengan mengatakan “tidak ada apa-apa ayah”, padahal dia baru saja di marahi oleh bos nya di kantor. Aya pun bertanya balik ke ayahnya, tapi ayahnya juga berbohong mengatakah kalau kucing dan ayahnya baik-baik saja, padahal kucingnya lemas dan hanya tidur saja, sedangkan Ayahnya di marahi di kantor juga.

is-dnm-2

Ayahnya mengajak dia untuk makan setelah lama tidak pergi bersama karena kesibukannya. Aya berbohong lagi dengan mengatakan jika dia masih bekerja, padahal dia berada dalam kamarnya.

Cerita Utama Dareka no Manazashi

Dulu Aya sangat senang ketika makan bersama dengan keluarga. Dia sangat menghormati ayahnya. Ketika ibunya berpergian keluar negri untuk bekerja. Ayahnya dan Aya pun tinggal bersama berdua dalam rumah, Aya pun terlihat kesepian. Ayahnya pun memberikan anak kucing kecil kepadanya. Aya bermain dengan kucing itu, dia memberikan nama Mii. Aya tidak merasa kesepian lagi, dia bermain dengan Mii setiap hari.

dareka-no-manazashi-mii

Semakin berjalannya waktu, Aya pun tumbuh dewasa. Dia sudah mulai jarang berada di rumah, karena bermain dengan teman seusianya. Mii pun tidak diajak untuk bermain seperti sebelumnya. Dan pada akhirnya pun dia membenci ayahnya, menghindari dirinya. Saat ingin bekerja Aya memutuskan untuk tinggal jauh dari keluarganya, untuk belajar mandiri. Tetapi tidak seperti yang di bayangkan oleh Aya. Dia hidup sendirian dengan penuh masalah, yang membuatnya depresi.

Dia sedang lemas tertidur di atas kasurnya, dan mendapatkan telpon dari Ayahnya yang membawa memberitahu kabar buruk kepada Aya.

is-dareka-no-manazashi-bad-news

“Dalam percakapan tidak diperlihatkan”

Kucing kesayangannya – Mii telah meninggal. Dia pun bergegas untuk pulang ke rumah ayahnya untuk berduka atas kepergian Mii. Mereka berdua – Aya dan Ayahnya terlihat sedih, mereka berdua berbicara, dan ayahnya pun berkata “Bagi ayah, menyakitkan sekali melihat seseorang meninggal, Apa itu aneh?”. Aya berpendapat sama dengan mengatakan ” Mii itu keluarga juga”.

Cerita Arus Balik

“Aya tertidur pulas, dan disini menceritakan alur balik”

Setelah kepergian ibunya, Aya pun berjanji pada diri sendiri ” Aya akan menjaga Ayah”. Saat Aya menjelek-jelekan ayah saat bersama temannya, dia merasa bersalah dan malamnya membuatkan makan malam sebagai penebusan . Saat pertama kali pindah jauh dari ayahnya. Aya dan Ayahnya saling sedih dan meneteskan air mata dalam kesendirian.

is-dnm-1

Aya membuatkan makan, mereka makan bersama. Aya berkata jika dia bertemu dengan Mii dalam mimpinya, begitu pula dengan ayahnya. Aya dan Ayahnya yang sebelumnya terlihat Suram pun sekarang memancarkan aura yang bahagia, mereka dapat tersenyum bersama.

“Thanks to kucing, yang buat mereka baikan lagi, tapi kasian juga Mii meninggal”

Aya memberikan Kucing baru kepada ayahnya dengan berkata “Aku memberikan pacar baru untuk Ayah… Kyaa….Manisnya”. Ibunya pun pulang, mereka bersama kembali dengan kucing baru di rumah. Happy Ending

is-dnm-4

Kesimpulan

Anime ini diceritakan melalui persfektif si kucing. Menceritakan tentang kisah kehidupan Aya yang beranjak dewasa, yang sudah mulai melupakan apa arti sebuah keluarga. 

Si kucing Mii sebagai narrator yang menceritakan tentang masa kecil , kehidupannya dan keluarganya, bagaimana seiring berjalannya waktu menciptakan jarak antara Aya dan ayahnya.

Lalu, Min, apa yang membuatmu menangis???
Ya mungkin sebagaian orang memiliki beberapa alasan tersendiri. Tapi kalian harus menonton sendiri jika ingin tahu alasannya. Tapi jujur saja, Mimin mengerti perasaan Aya karena bagi kalian yang tinggal jauh dari orang tua, entah itu sekolah, kuliah atau bekerja dimana kalian tidak serumah dengan orang tua kalian.

Tentu saja, kalian akan langsung mengingat kedua orang tua, mengingat masa-masa kecil dimana hubungan masih erat dengan keluarga, dan hidup bersama. Kita kadang sering melupakan, meremehkan bahkan mengabaikan hal-hal kecil. Padahal hal-hal kecil itu bisa saja menjadi sangat berarti bagi orang lain, dan bisa jadi itu adalah hal yang sangat berarti bagi orang yang kita sayangi.

Itu benar, semua orang akan berubah, tidak ada yang sama dengan bagaimana dia sejak kecil. Jika kalian perhatikan diri kalian, kalian juga mulai berubah banyak, terutama pada keluarga. Apalagi di zaman teknologi ini, banyak orang yang melupakan arti kehangatan keluarga.

Tujuan

Anime Dareka no Manazashi ini sukses membuat Mimin menangis karena teringat akan keluarga. Karena kebanyakan orang dekat dengan Ibunya dari pada ayahnya. Hal ini dapat membuat kita merasa ingin mempererat hubungan dengan Ayah.

Apa kalian tahu kalau ayah kalian kesepian? Karena semakin dewasa, jarak antara kalian akan semakin jauh loh.Belum terlambat jika ingin berubah 🙂

Overall: 7.5

Visual nya sih cukup memuaskan untuk anime tahun itu.

Musik backgroundnya juga cukup pas, dari pembawaan narator dan kondisi aya yang dapat membuat kita merasakan cerita tersebut.

Inti cerita tersampaikan, dan dapat di bilang sukses, karena sitiap orang yang melihat Anime ini akan tahu apa tujuan ceritanya.

Karakter nya cukup mudah dipahami, tidak begitu banyak karakter sampingan sehingga kita dapat fokus. Mungkin karena Anime pendek jadinya tidak begitu banyak juga.

Dari segi pembawaan agak begitu rumit, karena bukan sebagai pemain utama. Melainkan orang ketiga. Pemain utama di sini merupakan kucing, sebagai narator yang menceritakan kehidupan aya sebelum dan sesudah dewasa.

Please follow and like us:
is-backtop-top