Review Anime ‘Shelter’


Halloo Minna-san, kali ini Issekai akan mengulas mengenai Anime yang berjudul Shelter karya Porter Robinson & Madeon oleh Studio A-1 Pictures. Dibilang anime juga bukan kali ya?, Yah terserah kalian mau menyebut animasi pendek, music video, atau anime, menurut mimin lebih enakan anime.

Anime Shelter telah rilis di 18 Oktober2016, mungkin beberapa dari kalian belum pernah sama sekali menonton Anime Shelter. Spoiler Alert! loh ya, tapi kalau sudah nonton dan masih bingung … mungkin setelah baca ulasan ini akan jadi lebih paham.

Putar lagu Shelter, di jamin  akan jadi lebih Terasa feel-nya.

is-review-anime-shelter

Sebelumnya mimin merasa tidak begitu berharap dengan anime nya, karena hanya memiliki durasi sekitar 6 menit, dan berpikir “gimana ceritanya kalau singkat banget, paling juga bawain alurnya buru-buru”. Tapi, ternyata sangat salah. Memang benar jika animasi ini tidaklah lama, sangat singkat malah, tapi pasti ada sesuatu yang membuat animasi ini layak dilihat. Oke langsung saja.

 

Pembuka cerita Shelter

Shelter menceritakan kisah seorang gadis remaja bernama Rin yang tinggal sendirian. Keseharian rin bermain tablet, dia mampu melakukan apa saja dengan tablet itu. Dapat mengganti suasana, pemandangan,  menggambar, membaca, maupun mendengarkan musik, tetapi dia kelihatannya sangat kesepian. Semua hal yang telah dilakukan oleh Rin hari demi hari telah membuatnya mulai jenuh dan mulai merasa sedih.

Rin tidak mengerti kenapa hal ini terjadi kepadanya. Dia sendirian di dunia ini, tidak ada hewan dan manusia selain dirinya sendiri. Selama 7 tahun lebih dia tidak pernah berbicara dengan siapapun, tidak pernah menerima pesan dari siapapun. Dia pun sulit untuk mengenang masa lalunya.

is-review-anime-shelter

Rin sering bermain dengan mengganti suasana serta tempat sesuka hatinya. Dia pergi ke danau, hutan, tebing dan ke padang rumput yang sangat hijau. Rin menemukan sebuah ayunan di padang rumput itu. Dia sangat terkejut saat menyentuh ayunan. Samar-samar ingatan rin mulai kembali.

Tiba-tiba dia teringat akan Tokyo, rumahnya. Rin melihat sebuah kenangan, berdiri di dalam rumah dimana rin masih kecil, dengan seorang laki-laki yang sangat peduli dan sayang terhadapnya.

“Disinilah klimaksnya, dengan alunan musik yang mulai melembut serasa menyentuh hati, di ikuti dengan adegan-adegan masalalu rin”

Cerita utama Shelter

Dialah ayah Rin, yang selalu menemani bermain, pergi belanja, memberi hadiah, mengajaknya pergi kemana pun yang rin inginkan. Rin sangat bahagia sewaktu diberikan sebuah boneka beruang oleh ayahnya saat ulang tahun.  Dia sering membawa boneka itu saat menemani ayahnya.

Dalam sebuah berita mengabarkan bahwa Tokyo berada dalam kehancuran sebentar lagi dikarenakan ada bentrokan antar planet dengan bumi.  Ayah nya pun bekerja keras untuk merancang sebuah pesawat yang memiliki bentuk seperti Kapsul, dengan memperkirakan perkembangan tubuh rin dalam masa yang akan datang.

Rin dibekalinya dengan banyak benda bermanfaat. Begitu juga dengan boneka beruang kesayangan nya. Shelter tersebut di luncurkan ke luar angkasa untuk keamanan rin.

“Dan pada akhirnya Rin pun teringat akan kejadian 7 tahun yang lalu, dia berada dalam kegelapan keputusasaan, menangis dalam kesendirian”

Saat Rin sedang menangis, dia kaget saat menerima sebuah pesan. Dan membuka sebuah pesan baru tersebut dari tabletnya Dan Rin pun menangis bahagia dengan berkata Aku harus melangkah menatap masa depan, bahkan disaat aku tersadarkan kesepian ku dan hampir kehilangan semua harapan. Kenangan ini memberiku kekuatan, berkatmu(ayah) aku tidak sendirian“.

“Mungkin ini pesan dari ayah nya yang telah di program pada 7 tahun kedepan saat ulang tahun rin. Untuk membuat rin yang merasakan keputusasaan tidak menyerah dalam bertahan hidup.”

is-review-anime-shelter-so-calm

Dalam Ending animenya, Shelter yang mengapung di angkasa dan rin dalam keadaan tubuh yang sudah dewasa, menangis  dengan hidup di dalam dunia virtual. Berkati “Terimakasih”.

Kesimpulan

Anime Shelter memiliki seni yang sangat luar biasa. Hampir setiap bingkai memiliki warna-warni dengan pemandangan background yang indah. Mungkin banyak orang yang memakainya sebagai background, karena sangat cocok dan bagus. Anime ini tanpa dialog antara karakter 1 dengan yang lain karena hanya Rin seorang yang hidup, dan dia hanya bergumam, di ikuti dengan musik yang ceria-sedih aliran EDM.

Secara keseluruhan 80% dari soundtrack animasi ini hanya satu lagu dari Porter Robinson.

2 Menit terakhir, semua cerita akan terjelaskan, semua kesedihan akan dirasakan dan semua perasaan akan terungkapkan

Mimin menangis saat melihat Shelter, bagaimana tidak…rasa kesepian dan keputusasaan Rin sangatlah terasa. Kisah shelter membuat merasa sedih tapi juga bahagia. Tujuan Anime Shelter untuk menunjukan bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, meskipun Bahagia dalam kesendirian pasti akan merasakan apa namanya Kesepian itu. Dan tentu rasa kasih sayang seorang Ayah yang amat besar melebihi dirinya sendiri.

Overall: 9

Dari segi: seni, alur cerita, pembawaan, musik dan inti cerita.

Oh iya, Shelter penah menduduki Peringkat ke-3 di Top Anime Myanimelist dan bertahan kurang lebih satu minggu setelah di rilis tetapi mulai turun karena anime yang lama dengan popularitas yang lebih kembali ke peringkat semula.

Tonton Langsung ( ada bahasa indonesianya kok)

 


Comments

comments

Share